Sekedar Documentasi untuk Pelupa

Membuat Repository Menjadi Image / .iso


Setelah Googling akhirnya nemu juga cara membuat repository yang ada menjadi image atau .iso. File image ini berguna untuk mempermudah  user ubuntu yang tidak bisa terkoneksi ke internet atau terkendala koneksi yang sanggat lambat dari Repository yang di tuju.



Ok deh kita langsung aj membuat file image




  • Pertama kita harus masuk pada Drive/Partisi/tempat menaruh image yang akan terbuat, pada contoh ini saya menggunakan partisi bernama Multimedia pada harddisk saya (Usahakan Space 5Gb untuk satu iso (ada 7 iso))

      cd /Media/Multimedia

  • Kedua Install Jigdo-file

      Jigdo adalah alat bantu Debian untuk mengunduh berkas cetakan CD (.iso). Jigdo sangat berguna pada kondisi Internet yang pas-pasan, karena Jigdo tidak mengunduh keseluruhan CD, melainkan membangun ulang cetakan CD berdasarkan perubahan-perubahan yang telah dilakukan dari rilis ke rilis. Walaupun Anda belum memiliki cetakan CD pada awalnya, jigdo masih tetap digunakan, karena jigdo akan membuat cetakan tersebut berdasarkan informasi yang ada di dalam berkas metadata jigdonya

      sudo apt-get install jigdo
      sudo apt-get install jigdo-file


  • Ketiga Kita harus mengetahui link jigdo yang kita akan gunakan. Dalam hal ini saya menggunakan Kambing.ui untuk Repository Ubuntu 9.10



pada terminal Ketik :

      jidgo-lite http://kambing.ui.ac.id/iso/ubuntu-repository/9.10/ubuntu-9.10-repository-i386-1_contrib.jigdo (Untuk Iso yang di maksud)

setelah muncul kata-kata scan:
http://mirror.unmul.ac.id/ubuntu/

masukkan repository terdekat, contoh gunakan mirror unmul untuk repository terdekat setelah itu tekan Enter


biarkan hingga Proses Selesai.

Ulangi langkah 3 hingga jigdo Terakhir(7) dengan mengganti link jigdo sesuai nomor urutnya.

Sekian Dulu!!!
Kalau Binggung bisa ditanyakan lewawt Ym ataupun Email.

0 komentar: